Beberapa Cara Menghindari Sifat Sombong Yang Ampuh

Manusia ini memiliki banyak sekali sifat sombong dan kepribadian manusia yang terbentuk melalui banyak cara. Akan tetapi, kepribadian di bentuk sejak kecil, dimana lingkungan keluarga menjadi. Yang pertama dalam membentuk kepribadian anak, setelah keluarga, saat anak mulai bermain dan bersekolah. Lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal yang menjadi pembentukan kepribadian selanjutnya. Dan banyak cara menghindari sifat sombong juga.

Cara Menghindari Sifat Sombong 

Salah satu sifat manusia yang banyak tidak disukai oleh orang orang adalah sifat sombong. Salah satu ciri ciri orang sombong dan angkuh  adalah sangat suka memamerkan kekayaan dan prestasi yang di raih. Dan karena itu orang yang sombong banyak di jauhi oleh orang – orang, akan tetapi terkadang manusia bisa secara sengaja menunjukan. Karakter sombongnya karena manusia akan memiliki kebanggaan tersendiri jika dapat menunjukkan pencapaian yang diraih. Akan tetapi bagaimana jika kita terlalu memamerkannya, sehingga terkesan menyombongkan diri?. Baca juga cara merubah diri

Cara Menghindari Sifat Sombong

Tidak Berlebihan

Wajar jika kita akan sangat bangga dengan keberhasilan mendapatkan atau mencapai sesuatu yang sangat kita inginkan. Dan saat berhasil mencapainya, kita pasti ingin menunjukan sepada semua orang keberhasilan kita. Akan tetapi jika kita terlalu berlebihan dalam menunjukan keberhasilan kita. Maka semua orang akan menganggap bahwa kita orang yang sombong. Oleh karena itu, jangan tunjukkan keberhasilan kita secara sengaja. Biarlah orang lain mengetahuinya sendiri, dan memuji kita atas pencapaian kita.

Selalu Ingat Diatas Langit Masih ada Langit

Pepatah yang mengatakan, padi yang menguning akan semakin merunduk. Dan pepatah itu berarti hidup harus selalu rendah hati. Saat kita berhasil mendapatkan apa yang kita mau, kita harus mengingat bahwa masih ada orang. Yang jauh lebih baik dari kita jika kita sombong, tidak ada gunanya, karena ada orang yang jauh berada. Di atas kita oleh karena itu, ingat untuk selalu merendah, karena kita tidak akan menjadi orang yang sempurna.

Tidak Egois

Orang yang sombong pasti memiliki sifat yang egois karena hal ini orang yang sombong tidak akan memikirkan perasaan orang lain. Dan hanya memikirkan diri sendiri salah satu cara merubah sifat egois adalah dengan tidak selalu. Menjadikan kepentingan diri sendiri menjadi hal yang utama. Hal ini akan membuat kita selalu rendah hati, dan menolong sesama, sehingga ia tidak akan sombong untuk memuaskan dirinya sendiri. Menolong orang lain, selain membantu untuk menghilangkan sifat egois, juga mampu menekan keinginan untuk pamer dan merendahkan orang lain.

Tidak Mudah Puas

Orang yang sombong akan cepat puas dengan pencapaian yang dia raih, hal ini karena orang sombing akan langsung bangga. Dengan apa yang dia dapatkan, oleh karena itu salah satu cara menghindari sifat sombong adalah. Dengan tidak mudah paus dengan doa yang dia raih. Hal ini karena, sifat sombong membuat orang mudah bangga dengan apa yang diraih, padahal dia bisa mendapatkan lebih dari itu.

Selalu Ingat Ada Orang Dibawah Kita

Orang yang sombong tidak akan pernah mau merendah, apalagi mengingat bahwa ada orang – orang yang berada di bawahnya. Orang yang sombong akan memandang rendah orang orang yang lebih rendah dari dirinya sendiri. Untuk cara menghindari sifat sombong, sebaiknya selalu mengingat bahwa orang yang di bawah kita juga adalah manusia. Yang memiliki hati dan perasaan sehingga kita harus membantu mereka, bukan malah merendahkan mereka.

Tidak Dengki

Dengki adalah sifat dimana tidak suka melihat keberhasilan orang lain, orang yang sombong pasti memiliki sifat dengki. Karena orang yang sombong ini tidak suka jika ada orang lain yang memiliki sesuatu yang melebihi dirinya. Salah satu cara menghindari sifat sombong adalah dengan menghilangkan sifat dengki ini. Berikan ucapan selamat kepada orang yang berhasil lebih baik dari kita secara lapang dada. Dan untuk selanjutnya terus berusaha dengan cara merubah diri menjadi lebih baik. Hal ini akan membantu kita untuk bangkit dan terus maju, tanpa berpikir untuk sombong.

Tidak Licik

Orang yang sombong akan menggunakan berbagai cara untuk menjatuhkan lawannya. Ciri – ciri orang yang licik dan cara mengadapinya adalah dapat memakai cara apapun. Untuk mendapatkan apa yang dia mau dan akan selalu ada di dalam diri yang sombong. Karena orang sombong ini tidak mau jika ada orang yang lebih baik dari dia. Dan jika dan ia akan berusaha untuk menjatuhkannya, salah satu cara menghindari sifat licik ini. Yang dapat melahirkan sifat sombong adalah dengan. Terus memiliki kerindahan hati dan mau menerima kekalahannya dengan lapang dada.

Tidak Angkuh

Angkuh adalah salah satu ciri – ciri dari orang yang sombong, salah satu ciri – ciri orang angkuh dan cara menghadapinya adalah. Salah satu merendahkan orang lain dan sangat suka memamerkan apa yang dimiliki. Oleh karena itu, orang sombong pastilah orang yang angkuh untuk menghindari sifat sombong. Janganlah menjadi orang yang angkuh jadilah orang yang rendah hati, dan selalu terbuka dengan segala kritikan yang ada.

Tidak Percaya Diri Berlebihan

percaya diri adalah hal yang baik, banyak cara agar percaya diri, sehingga kita dapat menjadi orang yang lebih baik. Akan tetapi percaya diri yang berlebihan juga dapat membuat kita menjadi sombong. Oleh karena itu, untuk mencegah agar tidak sombong, percaya dirilah dengan tetap mengingat bahwa kita masih jauh dari kata sempurna. Dengan terus merendah, maka kita akan melihat pencapaian kita bukanlah hal yang pantas untuk dipamerkan.

Tidak Gila Pujian

Orang sombong akan meremerkan segala yang ia miliki dan capai demi mendapatkan jutaan pujian. Orang yang gila pujian akan terus menjadi sombong, karena pujian adalah bentuk dukungan bahwa dia lebih baik dari orang lain. Untuk mencegah timbulnya sombong, yang harus diingat adalah pujian bukanlah hasil dari pencapaian. Pujian hanyalah sekedar ucapan selamat dari orang lain. Pujian bukanlah sesuatu yang pantas untuk kita harapkan, karena pujian dapat muncul dari orang yang ikhlas dan yang tidak ikhlas.

Ingat Perjungan Untuk Mencapainya

Sebelum kita memamerkan apa yang kita punya, sebaiknya kita mengingat sebesar apa perjungan yang kita dapat untuk meraihnya. Dengan mengingat perjungan kita, ketika kita akan sadar bahwa pencapaian kita bukanlah hal yang kita lakukan sendiri. Pasti banyak sosok- sosok yang membantu sehingga kita dapat menjadi seperti sekarang. Dengan mengingat hal itu, kita akan sadar bahwa hal yang akan kita pamerkan bukanlah 100% keringat kita sendiri. Tetapi juga ada keringat orang lain yang mendukung kita. Sehingga kita tidak pantas untuk sombong.

Ingat Agama

Cara yang paling menghindari sifat sombong adalah dengan kembali ke agama, dekatkan lah diri dengan sang pencipta. Sehingga kita akan merasakan kekuatan dari sang pencinta, dengan, merasakan kekuatan tuhan maka kita akan menyadari. Berapa lemah dan kecilnya kita sebagai manusia dan karena itu kita tidak akan bisa menjadi sombong. Karena kita akan menyadari bahwa Tuhan adalah sosok yang tidak akan bisa kita kalahkan, dan selalu menjadi yang Maha Kuasa.