Penyebab Terlambatnya Datang Jodoh Menurut Islam

Jodoh itulah yang sering di idamkan oleh seseorang terutama yang tengah sendiri. Dan kapan  jodoh akan datang?, dan kok jodohku terhalang?, mungkin pertanyaan – pertanyaan itu terkadang mengusik pikiran seseorang. Mungkin saja jodoh anda terhalang karena gangguan jin, iya begitulah pendapat orang lain. Dan itu membuat kita jadi semakin kebingungan dan sangat bimbang. Lalu apa yang mestinya kita lakukan? berdoalah anda kepada Allah SWT.

Terlambat Datang Jodoh dan Rezeki Mutlak Kuasa Allah

jodoh

  • Q.S An-Naba : 8 yang artinya: Dan kami menciptakan kamu berpasang-pasangan.”
  • Q.S Al-Fajr : 16 yang artinya: Namun apabila Tuhan mengujinya lalu membatasi rizkinya, maka dia berkata, “Tuhanku telah menghinaku.”
  • Q.S Al-Mulk : 21 yang artinya: Atau siapakah yang dapat memberimu rizki jika dia menahan rizki-Nya? Bahkan mereka terus menerus dalam kesombongan dan menjauhkan diri (dari kebenaran).”

Dari ketiga ayat ini sudah sangat jelas bahwa jodoh atau rezeki merupakan kuasa mutlak dari Allah. Dengan kita berserah diri kepada Allah, insyaallah jalan cara mendekatkan jodoh dan siapapun tidak dapat menghalanginya. Termasuk jin atau dukun sekalipun, jika ada orang yang berpendapat. Bahwa jodoh kita tidak kunjung datang karena ulah jin nakal, itu salah.

Dan tahukah anda apa yang sebenarnya dilakukan oleh jin yang katanya mampu menghalangi jodoh?. Jin hanya berusaha keras untuk membuat kedua insan (lelaki dan perempuan). Yang sedang Ta’aruf atau tengah menjalin pertemanan ragu-ragu atau selalu bimbang dalam hatinya. Contohnya begini, jika seseorang menyukai perempuan, akan tetapi perempuan tersebut tengah ta’aruf dengan pria lain. Kira-kira apa yang dilakukan teman perempuan itu? Ya, tepat! Ia akan berkata. Pada perempuan bahwa laki-laki itu tidak baik baginya, bukan jodoh yang tepat untuknya.

Hal – Hal Memancing Murka Allah Sehingga Menghambat Datang Jodoh

Syirik (Menyekutukan Allah)

Dan Allah tidak akan memberikan pertolongannya kepada orang yang suka berbuat syirik serta akan celaka dalam hidupnya. Walau kita sudah tahu hukumnya, namun kadangkala kita masih juga melakukan syirik secara tidak sengaja (tanpa disadari).

Padahal sangat jelas dikatakan dalam Q.S. Az-Zariyat : 56 yang artinya:

“Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.”

Syirik merupakan satu doa yang besar dan di benci Allah, karena kesyirikan terkadang samar tidak nampak jelas. Maka cara menghilangkan syirik adalah dengan lebih berwaspada dan semakin mendalami islam. Dan ilmu pengetahuan agama agar tahu batas – batasnya dan tidak terjerumus ke dalam kesyirikan.

  • Kekal di Neraka ; Orang yang berbuat syirik, tidak akan diampuni dan akan kekal berada di dalam neraka.
  • Haram untuk Dinikahi ; Sangat jelas tertulis dalam Q.S Al-Baqarah : 221 yang artinya:

“Dan janganlah kamu nikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik, meskipun ia menarik hatimu. Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik, meskipun ia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.”

  • Pahala dan Amal Kebaikan Akan Gugur ; Sebanyak apapun amal kebaikan kita, tidak akan tercatat dan akan dihapuskan sebelum kita bertaubat dari kesyirikan.

Durhaka Pada Orang Tua

Jodoh terhambat ini dikarenakan tingkah laku kita yang durhaka kepada kedua orang tua. Jadi Allah mempersulit urusan kita, termasuk jodoh Seperti dikatakan dalam sabda Rasulullah SAW. “Ridha Allah tergantung pada keridhaan orang tua, sedangkan murka Allah tegantung pada kemurkaan orang tua”. (H.R. Bukhari, Ibnu Hibban, Tirmizi, dan Hakim). Baca juga Hak waris anak tiri

Penyebab Allah Menghalangi Rezeki Dan Jodoh Seseorang

Q.S Nuh ayat 10-12 yang artinya:

“Maka aku berkata (kepada mereka), “Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun.” 

“Niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu.”

“Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” 

Dalam ayat tersebut sudah sangat di jelaskan, mengapa Allah menghalangi jodoh dan rezeki seseorang. Yaitu karena kurangnya istighfar dan orang tersebut tidak mau bertaubat dengan sebenar – benarnya. Padahal kedua cara tersebut (istighfar dan taubat) dapat melancarkan rezeki dan jodoh kita. Seperti yang dikatakan dalam ayat di atas bahwa rezeki berupa turunnya hujan. Anak-anak, harta, kebun-kebun, bisa didapatkan dengan taubat dan istighfar.

Faktor – Faktor Penghambat Sulitnya Jodoh

Ketidaksiapan Hati

Ya perasaan yang sebenarnya wajar kita rasakan sebagai manusia, asal jangan sampai cintanya berlebihan sehingga memancing nafsu.  Dua hati yang kita miliki yaitu hati sanbari dan hati nurani. Ketika sanubari dominan, rasa cinta yang diliputi nafsu akan menjajah kita sehingga timbul tindakan yang tercela. Namun ketika hati hati nurani dominan (Hati nurani cenderung ke arah iman). Kita tidak akan terlarut dalam perasaan Menyiapkan hati nurani sungguh penting untuk membentengi diri kita. Caranya adalah dengan berdzikir kepada Allah.

Harapan Berlebihan

Memberikan harapan yang berlebih pada seseorang yang belum tentu menjadi jodoh kita. Adalah penghambat datangnya jodoh Serahkan, pasrahkan semua pada Allah dan ridho dengan ketetapan Allah. Maka jodoh kita akan datang dengan cara yang tidak terduga. Baca juga Warisan ayah tiri

Tingginya Kriteria

Apabila kita terlalu mematok tinggi perihal kriteria jodoh idaman, bisa – bisa tidak akan ketemu. Karena tiap kali berkenalan dengan seseorang, jauh dari kreteria yang di buat tersebut?. Ingatlah bahwa lelaki baik-baik akan berjodoh dengan Kriteria Calon Istri. Yang Baik, begitu pula sebaliknya, wanita yang baik akan mendapatkan  Kriteria Calon Suami yang Baik.

Terbuai Dalam Suatu Ikatan/Pacaran

Pacaran tidak ada di dalam islam, apalagi pacaran dalam islam sangat indentik dengan melakukan tindakan. Yang di larang sebelum nikah, termasuk dalam zina, dan Allah telah memberi peringatan untuk tidak mendekati zina.

Adanya Dosa Yang Tidak Disadari

Dalam beberapa hadist dikatakan bahwa penghambat jodoh adalah dosa-dosa yang pernah dilakukan. Maka segera bertaubat dan istighfar supaya jodoh segera datang.

Langkah Menjemput Jodoh

  • Ikhtiar atau usaha gigih ; Terus berusaha tanpa menyerah. Allah tidak akan menyia-nyiakan Usaha sekecil apapun.
  • Niat yang lurus ; Perbaiki niat dalam hati, yaitu semua dilakukan hanya karena Allah semata. Segala amalan tergantung niatnya, kan?
  • Abaikan harapan kosong ; Gapai ridho Allah dengan menggantungkan harapan hanya kepada-Nya.