Keutamaan Doa Lailatul Qadar Pada Akhir Ramadhan

Lailatul Qadar ini adalah merupakan sepuluh hari terakhir pada bulan ramadhan momen yang diabadikan Al-Qur’an. Sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan, pada malam itu malaikat akan turun. Dan membawa salam hingga menjelang fajar, dan sebab itu setiap muslim. Akan menjadikan saat tersebut sebagai waktu yang sangat tepat untuk berdoa.

Lailatul Qadar

Rasulullah saw bersabda,

“Barangsiapa berdoa pada malam lailatul Qadar dengan iman dan penuh perhitungan. Maka akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu maupun yang akan datang”.

Berikut dibawah doa ketika ramadhan akan berakhir dan keutamaannya dalam islam.

Keutamaan Doa Lailatul Qadar Akhir Ramadhan

Lailatul Qadar Doa Memohon Ampun Dan Terbebas dari Masalah

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ العَفْوَ وَالعَافِيَةَ فِي دِينِي

وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي

وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنَ يَدَيَّ

وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي، وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي

وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ampunan dan terbebas dari masalah dalam urusan agama, dunia, keluarga dan hartaku.

Ya Allah, tutupilah auratku dan tenangkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah! Jagalah aku dari arah muka, belakang, kanan, kiri dan dari atasku. Dan aku berlindung dengan kebesaranMu, agar aku tidak dihancurkan dari bawahku

Dari Abdullah bin Buraidah, bahwa A’isyah pernah mengatakan,

“Jika saya tahu bahwa suatu malam itu adalah Lalatul qadar, tentu doa yang paling banyak kuucapkan malam itu. Aku meminta kepada Allah ampunan dan terbebas dari masalah”. (HR. Ibnu Abi syaibah dalam Al-Mushannaf 29189)

Al-Albani menilai riwayat ini shahih dan beliau berkomentar,

“Nampaknya, Aisyah mengatakan karena pendapat pribadinya” Simak Silsilah As-Shahihah

Pada dasarnya lailatul qadar yang termasuk dalam malam terakhir bulan ramadhan dan merupakan waktu. Yang sangat mustajab untuk berdoa, karena setiap muslim bisa membaca doa apapun. Untuk kebaikan dunia dan akhirat nya, dan doa Aisyah diatas adalah doa yang paling baik. Karena doa ini diajarkan langsung oleh Nabi kepada istrinya yaitu Aisyah. Karena itu, doa ketika ramadhan akan berakhir yang dianjurkan untuk dibaca berulang pada Ramadhan berakhir.

Lailatul Qadar Doa Agar Diterima Amalan Puasa

Rasulullah saw pernah bersabda,

“Barangsiapa melaksanakan shalat sunnah 10 rakaat pada malam terakhir ramadhan, yang setiap rakaatnya. Membaca Surah Al-Fatihah sekali dan surah Al ikhlas 10 kali, serta ketika ruku’ dan sujud membaca tasbih”.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ

Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar

Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan yang pantas disembah kecuali Allah, dan Allah Mahabesar.

Tasbih diatas dibaca selama sepuluh kali. Kemudian jika anda telah selesai menunaikan seluruh rakaat, maka membaca istighfar 1000 kali.

Nabi saw pernah bersabda :

“Demi Dzat yang telah mengutusku dengan kebenaran kenabian ! Sesungguhnya jibril telah mengabarkan kepadaku dari Israfil dari Tuhannya. Bahwa sesungguhnya tidaklah seseorang mengangkat kepalanya dari tempat sujudnya. Kecuali Allah telah memberinya ampunan, menerima seluruh amalnya dan mengampuni semua dosanya. Meskipun dosanya lebih besar dari 70 macam dosa, yang masing-masing lebih besar dari seluruh dosa hamba-hambaNya.

Allah akan menerima amalan puasa dari semua penduduk tempat dimana dia berdoa demi dzat yang mengutuskan dengan kebenaran. Barang siapa yang melaksanakan shalat dan beristigfar seperti itu. Maka Allah akan menerima puasanya shalatnya qiyamul laila (shalat malam)nya. Mengampuni dosa – dosanya serta mengabulkan segala permintaannya.

Inilah hadiah khusus untukku dan untuk umatku, baik laki-laki maupun perempuan. Suatu karunia yang belum pernah Allah berikan kepada seorangpun sebelum aku, baik dari kalangan. Para nabi maupun selainnya ”Keutamaan doa ini adalah Allah akan menerimanya puasanya shalatnya. Qiyamul laila (shalat malam)nya mengampuni dosa – dosa nya serta mengabulkan segala permintaannya.

Doa Agar Diampuni Dan Dimaafkan Segala Dosanya

Aisyah bertanya kepada Nabi, mengenai doa apa yang dipanjatkan ketika lailatul qadar,

“Wahai Rasulullah, jika aku menjumpai satu malam merupakan lailatul qadar, apa yang harus aku ucapkan malam itu ”

Nabi menjawab,

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ

Allahumma Innaka ‘Afuwwun

Namun ada juga yang menambahkan kata “Kariimun” tambahan ini sama sekali tidak terdapat. Dalam referensi cetakan lama tidak juga dalam cetakan lain yang menukil dirinya. Kelihatannya tambahan tersebut berasal dari sebagian pentranskip. Keutamaan dari doa ini agar kaum muslim dimaafkan dan dihapuskan segala dosa yang telah lalu. Baca juga doa mustajab di pagi hari

Lailatul Qadar Doa Terhindar Dari Neraka

“Ya Allah, selamatkanlah aku dari api neraka dan masukkan aku ke dalam surga-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pengasih Maha Penyayang”

Doa diatas bisa dipanjatkan atau dibaca pada tanggal 21 Sampai akhir Bulan Ramadhan. Yang mengandung penuh kebebasan dari api neraka, maka perbanyaklah membaca doa seperti diatas.

Keutamaan dari doa ini sendiri kaum muslim yang terhindar dari neraka dan karena waktu ramadhan. Akan terakhir termasuk waktu mustajab tidak ada salahnya berdoa agar dapat masuk surga. Baca juga baca juga doa diberiketurunan

Doa Memohon Ampunan

Aisyah ra berkata, aku bertanya kepada Rasullullah,

“Wahai Rasulullah Saw, jika engkau tahu, pada hari apa terjadi di malam Lailatul qadar. Kemudian apa yang harus aku baca didalamnya?”

Kemudian beliau menjawab bacalah,

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Alloohumma innaka Afuwwun Tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anii

“Ya Allah , sesungguhnya Engkau maha Pengampun lagi mencintai orang yang mohon ampunan, maka ampunilah diriku”. (HR An-Nasai). Baca juga doa cepat menikah

Keutamaan Lain Bulan Ramadhan

  • Rasulullah akan mengabarkan kepada umat muslim bahwa semua kebaikan terkumpul pada bulan ramadhan, sebagaiman dalam sabdanya:

“Kalau saja umatku tahu segala (kebaikan) dalam bulan Ramadhan pasti mereka mengharapkan. Agar (setiap bulan dalam) sethaun penuh menjadi bulan Ramadhan semua”.

  • Pada tanggal 1 ramadhan arasy kursi para malaikat dan segala suatu lainnya berteriak. Menyampaikan kebaikan – kebaikan bulan ramadhan kepada umat Nabi Muhammad SAW. Seperti yang di ungkapkan dalam hadis Nabi SAW
  • Pada permulaan bulan ramadhan Allah SWT mencari orang – orang yang mencintainya. Kemudian mengampuni orang – orang yang meminta ampunan. Allah SWT akan melarang kepada malaikat (Rakib & Atid) untuk tidak mencatat amalan buruk atau amalan jelek.
  • Pada awal bulan ramadhan maka semua setan dan jin yang durhaka akan diikat. Semua pintu surga dibuka dan semua pintu neraka di tutup, sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi SAW
  • Setiap malam bulan ramadhan allah berfirman tiga kali dan tiap hari bulan ramadhan Allah. Akan membebaskan (mengampuni) 1.000.000 budak atau orang yang berdosa dari neraka. Sementara setiap jam pada bulan Ramadhan Allah SWT membebaskan 600.000 orang berdosa. Dari neraka (mengampuni orang-orang yang berdosa, sebagaiman tang sudah diterangkan dalam hadist.
  • Pada malam pertama di bulan ramadhan Allah SWT menganugrakan lima perkara. Kepada ummat Nabi Muhammad saw yang belum pernah diberikan kepada umat-umat sebelumnya.

Doa Mustajab Di Malam Lailatul Qadar

Doa Meminta Keturunan Yang Taat Dan Baik

“Ya Tuhan, terimalah amal kami. Sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada-Mu, dan jadikanlah pula anak turunan. Kami umat yang tunduk patuh kepada-Mu. Tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, serta terimalah taubat kami. Sungguh Engkau Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” (QS : Al Baqarah : 127 -128)

Doa Memohon Ampun Dan Pertolongan

“Ya Tuhan, janganlah Engka siksa kami karena lupa atau bersalah. Ya Tuhan, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana telah Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kamj, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami dalam mengalahkan orang-orang kafir” (QS : Al Baqarah : 286)

Doa Meminta Rahmat Allah

“Ya Tuhan, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami. Serta memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi.” (QS : Al A’raf : 23)

Doa Meminta Keadilan

“Ya Tuhan, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan haq (adil). Engkaulah Pemberi keputusan yang sebaik-baiknya” (QS : Al A’raf :  89)

Doa Meminta Jalan yang Benar

“Ya Tuhan kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti rasul. Karena itu masukanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaan Allah)” (QS : Ali Imran : 53)

Doa Meminta Perlindungan

“Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi.” (QS : Hud : 47)

Doa Meminta Ampunan

“Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. Ya Tuhan kami berikanlah ampunan kepadaku dan kepada kedua ibu bapakku. Dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)” (QS: Ibrahim : 40-41)

Doa Meminta Keteguhan Iman

“Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong.” (QS : Al Isra : 80)

Doa Meminta Kemudahan Urusan

“Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku. Agar mereka mengerti perkataanku.” (QS : Thaha : 27)

Doa Meminta Petunjuk

“Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah. Bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini” (QS : Al Kahfi : 10)