14 Cara dalam Islam membiasakan shalat tahajjud

Shalat sunnah memiliki banyak keutamaan seperti shalat wajib. Salah satu shalat sunnah yang memiliki banyak sekali keutamaannya adalah shalat sunnah tahajjud. Cara membiasakan shalat tahajjud itu sebenarnya mudah dan anda akan mendapatkan keutamaan shalat tahajjud. Keutamaan shalat tahajjud itu telah Allah terangkan di dalam firman-Nya dalam surat Al-Isra ayat 79 yang artinya : “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” [QS. Al-Isra: 79]

Shalat tahajjud yang disebut sebagai shalat malam ini merupakan suatu amalan yang sangat penting yang belum tentu semua orang bisa rutin melaksanakannya. Tantangan yang paling besar yang sangat sulit dihadapi untuk melakukan shalat tahajjud adalah bangun malam. Terkadang orang enggan untuk bangun malam ketika sudah lelapnya tertidur. Maka dari itu, agar kita bisa membiasakan  shalat tahajjud ada 14 cara berikut yang bisa kita lakukan

14 cara agar terbiasa shalat sunnah tahajjud

Cara membiasakan shalat tahajjud

1. Lakukanlah wudhu sebelum tidur

Hal pertama yang di lakukan untuk membiasakan shalat tahajjud adalah berwudhu sebelum tidur. Berwudhu sebelum tidur sangat dianjurkan oleh Nabi, sesuai dengan hadits di bawah ini
Dari al Barra bin Azib, bahwa Rasululah bersabda,”Jika engkau hendak menuju pembaringanmu, maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlahlah di rusukmu sebelah kanan lalu ucapkanlah doa:

” Ya Allah sesungguhnya aku menyerahkan jiwaku hanya kepadaMu, kuhadapkan wajahku kepadaMu, kuserahkan segala urusanku hanya kepadamu, kusandarkan punggungku kepadaMu semata, dengan harap dan cemas kepadaMu, aku beriman kepada kitab yang Engkau turunkan dan kepada nabi yang Engkau utus” dan hendaklah engkau jadikan doa tadi sebagai penutup dari pembicaranmu malam itu. Maka jika enkau meninggal pada malam itu niscaya engkau meninggal di atas fitrah.”

2. Minumlah air putih sebelum tidur

Cara kedua yang bagus dan menyehatkan untuk membiasakan shalat tahajjud adalah minum air putih. Salah satu dari banyak manfaat air putih bagi tubuh adalah sebagai detoksifikasi zat-zat racun di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi sehat dan segar. Nah, dengan meminum air putih tubuh akan terasa lebih segar ketika bangun malam.

3. Jangan makan lewat dari jam 8 malam

Nah, cara ketiga suaya anda dapat membiasakan shalat tahajjud jangan makan lewat dari jam 8 malam, karena makan lewat dari jam 8 malam tidak baik untuk pencernaan. Lambung yang seharusnya beristirahat pun jadi dipaksa mengolah makanan lagi.Maka dari itu dianjurkan sekali untuk tidak makan lewat dari jam 8 malam karena akan menimbulkan rasa malas untuk bangun malam.

4. Tidurlah tepat waktu

Tidur tepat waktu telah di ajarkan oleh Nabi di dalam sebuah hadits di bawah ini :
Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra. ia berkata: “Nabi SAW selalu melarang kami berbincang-bincang setelah Isya’.” (Diriwayatkan Ahmad dalam Al-Musnad dan Ibnu Majah dalam Sunan)

Diriwayatkan dari Abi Barzah al-Aslami ra.: “Bahwa Nabi SAW lebih senang mengakhirkan sholat Isya’. Beliau tidak senang tidur sebelum Isya’ dan berbincang-bincang setelahnya.” (Diriwayatkan al-Bukhari dalam Shahih-nya)

5. Jangan begadang

Begadang justru salah satu penyebab kita sulit untuk bangun malam, karena setelah begadang kita pasti akan merasakan kantuk yang luar biasa berat. Sehingga untuk membuka mata dan bangun malam untuk shalat tahajjud pun akan terasa sangat suli.

Di dalam sebuah hadits pun kita tidak dianjurkan untuk begadang. Seperti di dalam hadits ini :
Dari Muadz;

“Kaki seorang hamba tidak akan bergeser pada hari kiamat, sampai ditanya empat hal: (salah satunya), tentang umurnya, untuk apa dia habiskan…” (HR. Ad-Darimi, no.556)

6. Tidur sianglah sebentar saja

Nah, agar anda malamnya tidak begadang dan semakin mudah membiasakan shalat tahajjud. Sebaiknya tidur sianglah sebentar. Tidak ada salahnya untuk tidur siang sebentar karena hal ini termasuk istirahat sebentar.  Hal ini pun telah diajarkan oleh Nabi SAW dalam sebuah haditsnya :
Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidur sejenaklah kamu sekalian di siang hari, karena sesungguhnya setan tidak tidur siang sejenak”. (HR. Abu Nu’aim)

Bahkan Imam Al Ghazali pun menganjurkannya.
Imam Ghazali berkata, “Hendaklah seseorang tidak meninggalkan tidur yang sekejap pada siang hari karena ia membantu ibadah pada malam hari. Sebaiknya harus seseorang itu bangun dari tidurnya sebelum sesudah matahari tergelincir untuk menunaikan shalat zuhur.” (kitab Ihya Ulumuddin).

7. Tidurlah dalam posisi nyaman

Selain mengajarkan kita berwudhu terlebih dahulu sebelum tidur, Rasulullah SAW juga mengajarkan kita untuk tidur dengan posisi yang baik. Tidur dengan posisi yang nyaman ini dapat membantu kita membiasakan shalat tahajjud. Hal ini terdapat dalam sebuah haditsnya yang berbunyi di bawah ini :
Rasulullah bersabda : “Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk sholat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan.” (HR. Bukhari).

Dalam riwayat lain Rasulullah juga bersabda; “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (Hr Al-Bukhari dan Muslim).

8. Pasanglah alarm

Bangun malam memang sulit dilakukan. Apalagi jika kita belum terbiasa. Nah, jika anda belum terbiasa bangun malam. Pasanglah alarm dengan suara yang lembut namun semakin lama semakin terdengar keras agar tidak mengagetkan anda dari tidur anda. Lambat laun anda akan terbiasa bangun malam dengan sendirinya dan dapat membiasakan shalat tahajjud.

9. Kuatkanlah niat

Kuatkanlah niat anda untuk bangun malam dan shalat tahajjud untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena segala perbuatan tergantung pada niatnya. Tanamkanlah niat anda untuk membiasakan shalat tahajjud didalam diri anda. Karena niat yang kuat akan mewujudkan semua keinginan, terlebih niat yang baik untuk membiasakan shalat tahajjud setiap harinya.
Hal ini pun dijelaskan di dalam sebuah hadits :
Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya.

Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

10. Rapihkanlah kamar tidur

Faktor pendorong agar anda bisa tidur dengan nyaman adalah kamar yang nyaman. Maka agar anda bisa membiasakan shalat tahajjud, merapikan kamar tidur adalah salah satu cara yang harus dilakukan untuk membiasakan shalat tahajjud. Dengan kamar yang rapi, anda akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Gantilah sprei jika sudah kotor agar jamur tidak berkembang. Jamur yang berkembang akan membuat tubuh menjadi gatal dan akan membuat tidur anda tidak nyaman. Tidur yang nyaman dan berkualitas akan memudahkan anda bangun ditengah malam.

11. Bacalah ayat kursi sebelum tidur

Selain membuat anda dijaga oleh Allah SWT dan di lindungi dari syaithan, membaca ayat kursi pun adalah hal yang baik untuk dapat membiasakan shalat tahajjud. Karena bangun malam yang sulit itu biasanya merupakan godaan syaithan. Nah untuk menangkalnya bacalah ayat kursi.  Inilah haditsnya
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan kemudian ada orang yang datang mencuri makanan namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan,

“Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam“. Lalu Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menceritakan suatu hadits berkenaan masalah ini. Selanjutnya orang yang datang kepadanya tadi berkata,

“Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi“. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan“. (HR. Bukhari no. 3275)

12. Bacalah Al-Qur’an sebelum tidur

Cara selanjutnya yang sangat banyak faidahnya dan pahalanya untuk membiasakan shalat tahajjud adalah membaca Al-Qur’an. Bacalah surat al-ikhlas, al-falaq, dan an-naas sebelum tidur. Seperti yang sudah Rasulullah SAW ajarkan dalam haditsnya :

Dari ‘Aisyah, beliau radhiyallahu ‘anha berkata,

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas).

Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari no. 5017).

13. Bacalah dzikir dan shalawat atas Nabi

Sebelum tidur dianjurkan perbanyak membaca shalawat atas Nabi dan berdzikir kepada Allah SWT. Dengan banyak mengingat Allah, maka keinginan anda untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT semakin bertambah begitu pula keinginan anda untuk membiasakan shalat tahajjud akan semakin anda tekadkan dalam diri anda. Dan dengan membaca shalawat atas Nabi pula kita akan mendapatkan syafaat dari para Nabi SAW. Inilah hadits yang menganjurkan umat Islam agar berdzikir dan shalawat sebelum tidur
Dari Aisyah Radiyallahu ‘anha , Rasulullah SAW bersabda :
“Ya Aisyah jangan engkau tidur sebelum melakukan empat perkara, yaitu :
1. Sebelum khatam Al Qur’an
2. Sebelum membuat para Nabi memberimu syafaat di hari akhir
3. Sebelum para muslim meridhoi kamu
4. Sebelum kau laksanakan haji dan umroh”

Bertanya Aisyah :
“Ya Rasulullah.. Bagaimana aku dapat melaksanakan empat perkara seketika?”

Rasul tersenyum dan bersabda :
1. “Jika engkau tidur bacalah : Al Ikhlas tiga kali seakan-akan kau mengkhatamkan Al Qur’an.” Bismillaahir rohmaanir rohiim,
Qulhuallahu ahad’ Allahushshomad’ lam yalid’ walam yuulad’ walam yakul lahuu kufuwan ahad’ (3x)

2. “Membaca sholawat untuk ku dan para nabi sebelum aku, maka kami semua akan memberi syafa’at di hari kiamat“. Bismillaahir rohmaanir rohiim, Allahumma shollii ‘alaa Muhammad wa’alaa alii Muhammad (3x)“

3. “Beristighfarlah untuk para muslimin maka mereka akan meridhoi kamu“. Astaghfirullahal adziim aladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih (3x)

4. “Perbanyaklah bertasbih, bertahmid, bertahlil, bertakbir maka seakan – akan kamu telah melaksanakan ibadah haji dan umroh“.
Bismillaahir rohmaanir rohiim, Subhanallahi Walhamdulillaahi walaailaaha Illallahu Allahu akbar (3x

14. Bacalah do’a sebelum dan sesudah bangun tidur

Dan yang terakhir yang sangat wajib dilakukan untuk membiasakan shalat tahajjud adalah mambaca doa sebelum dan sesudah bangun tidur. Karena berdoa sebelum melakukan kegiatan apapun sudah menjadi hal telah menjadi sunnah Nabi karena Nabi senantiasa mencontohkannya.
Dari Hudzaifah, ia berkata :

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan:

“Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no. 6324)

sumber : wikipedia

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *