Keutamaan Doa Meminta Surga Dan Perlindungan Dari Neraka

Surga dan perlindungan dalam neraka ini yang merupakan bagian yang sangat erat dengan kehidupan masyarakt muslim. Sebagaimana wujud kasih sayang Allah kepada umatnya istilah ini yang banyak tertulis. Dan tertuang baik dalam kitab suci Al – Quran dan hadist. Secara sederhana surga dan neraka bisa dikatakan sebagai bentuk penghargaan dan hukuman bagi setiap kaum muslim. Saat nanti berada di akhirat, surga diperuntukan bagi orang yang beriman dan bertaqwa. Sebaliknya neraka di peruntukan bagi mereka kaum kafir dan selalu berbuat maksiat dan kejahatan selama masa hidupnya.

Surga Dan Perlindungan

Aqidah Thahawiyyah, menjelaskan,

Surga dan neraka telah tercipta. Tidak akan pernah sirna. Karena Allah telah menciptakan keduanya sebelum penciptaan manusia. Allah telah menetapkan penghuni untuk keduanya. Sesiapa yang menginginkan surga, maka baginya surga, sebagai karunia Tuhan untuknya. Dan sesiapa yang menginginkan neraka, maka nerakalah untuknya, sebagai bentuk keadilanNya. Takdir amal manusia sesuai dengan kemudahan yang ia dapat dalam meniti dua jalan tersebut. Mereka berjalan sesuai ketetapan yang telah Allah takdirkan untuknya. Kebaikan dan keburukan, telah ditakdirkan atas hamba” (Syarah At Thahawiyyah, 440).

Keutamaan Doa Meminta Surga Dan Perlindungan

Lebih lanjut dijelaskan kembali oleh Ibnu Abil ‘iz Al Hanafi –rahimahullah– mengatakan,

فاتفق أهل السنة على أن الجنة والنار مخلوقان موجودان الآن

ولم يزل أهل السنة على ذلك، حتى نبغت من المعتزلة والقدرية

.فأنكرت ذلك، بل ينشئهما الله يوم القيامة. وقالت: بل ينشئهما الله يوم القيامة

وحملهم على ذلك أصلهم الفاسد الذي وضعوا به شريعة لما يفعله الله

وأنه ينبغي أن يفعل كذا، ولا ينبغي له أن يفعل كذا. وقاسوه على خلقه في أفعالهم

Ahlussunnah wal jama’ah sepakat, bahwa surga dan neraka telah tercipta dan telah ada saat ini. Mereka senantiasa berada dalam akidah ini, sampai munculah kaum Mu’tazilah dan Qadariyah, yang mengingkari keyakinan ini. Mereka mengatakan: Surga dan Neraka Allah ciptakan pada hari kiamat. Yang mendorong mereka berkeyakinan seperti ini, adalah, prinsip akidah mereka yang rusak dalam memahami syari’at Islam. Mereka menanyakan, “Mengapa Allah malakukan ini dan itu? Sepatutnya Allah melakukan ini dan ini. Ini tidak sepatutnya dilakukan oleh Allah.” Mereka telah menganalogikan perbuatan Allah dengan perbuatan manusia.” (Syarah At Thahawiyyah, 440).

Sebagai umat islam ternyata kita mengharapkan akan bisa di masukan kedalam surga dan dijauhkan dari api neraka. Namun tentu saja selain tergantung dari amalan ibadah pastinya dianjurkan untuk tidak lupa memanjatkan doa. Sebab do’a inilah yang kemudian dapat mengantarkan diri kita untuk bisa dimasukkan kedalam surga dan diberi perlindungan dari api neraka. Sebagaimana keutamaan doa meminta surga dan perlindungan dari neraka berikut ini.

Diperkenankan Masuk Surga

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَأَلَ اللَّهَ الْجَنَّةَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ الْجَنَّةُ: اللَّهُمَّ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَمَنْ

اسْتَجَارَ مِنَ النَّارِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، قَالَتِ النَّارُ: اللَّهُمَّ أَجِرْهُ مِنَ النَّارِ

Siapa yang meminta surga 3 kali, maka surga akan berkata. ’Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam surga.’ Dan siapa yang memohon perlindungan dari neraka 3 kali, maka neraka akan berkata. ’Ya Allah, lindungilah dia dari neraka.”  – HR. Ahmad 12585, Nasai 5521, Turmudzi 2572 dan yang lainnya. Baca juga doa bayi baru lahir

Dilindungi Dari Neraka

Keutamaan meminta perlindungan dari api neraka juga tentu akan bisa membuat kita terlindung dari api neraka. Sebagaimana Allah ta’ala berfirman tentang neraka,

وَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ

Dan peliharalah dirimu dari api neraka, telah disediakan untuk orang-orang yang kafir” (QS. Ali Imran : 131)

Dapat Dilakukan Kapanpun

Terlepas dari bentuk kewajiban ibadah seperti shalat wajib dan puasa, berdoa juga merupakan sebuah ibadah yang bisa di lakukan kapanpun. Tidak Ada batasan waktu untuk bisa kapan dilakukan, sehingga dimanapun anda berada akan tetap bisa memanjatkan doa ini. Meskipun anda sedang berada di wilayah yang jauh ataupun juga daerah terpencil. Anda tetap bisa mealkukan dan memanjatkan doa ini sebagai bentuk kasih sayang.

Tidak Terdapat Doa Khusus

Pada dasarnya tidak terdapat doa yang khusus sebagaimana doa – doa lainnya, anda bahkan bisa menggunakan bahasa sendiri. Untuk bisa memanjatkan doa ini sebab tidak ada doa yang khusus dalam bahasa arab. Yang menyebutkan ia memohon surga dan dijauhkan dari neraka, maka tentu anda akan bisa lebih mudah untuk melakukannya.

Dapat Dilakukan Dengan Bahasa Sendiri

Doa meminta surga dan perlindungan dari neraka ini dapat di lakukan dengan bahasa sendiri. Sehingga tidak sampai menjadi penyebab doa tidak di kabulkan, misalnya bahasa indonesia atau bahasa daerah. Sehingga tidak terkait dan bahasa aran sebagaimana doa yang kebanyakan selama ini bisa kita gunakan. Tentu sekali hal ini akan memudahkan bagi anda untuk dapat melakukannya tanpa ada hambatan. Baca juga doa untuk orang tua

Membaca Minimal Sebanyak 3 kali

Afdulnya diperkenakan untuk membaca doa sebanyak 3 kali karena hal ini menunjukan betapa keinginan yang teguh. Dan bersungguh – sungguh sebagaimana doa pembukaan 12 pintu rezeki, sehingga tentunya Allah SWT dapat melihat. Bagaimana umatnya amat mendambakan surga dan takut akan neraka. Semakin banyak di baca akan semakin baik, namun dianjurkan hanya 3 kali sampai dengan batas maksimalnya sebanyak 7 kali.

Doa Meminta Surga Dan Perlindungan Tidak Ada Batas Waktu

Meminta surga dan perlindungan dari neraka dapat dilakukan kapan saja, sebab tidak ada batas waktu. Kapan di perbolehkan dan tidaknya melakukan doa ini, meskipun waktu yang paling baik adalah saat bersama. Dengan waktu shalat subuh, dimana waktu ini yang merupakan waktu yang paling baik. Untuk memanjatkan doa, sehingga tentunya akan langsung di dengar oleh Allah SWT.

Sebagai Karunia Allah SWT

Doa Meminta surga dan perlindungan dari neraka ini yang merupakan sebuah bentuk karunia Allah SWT sebagaimana doa disepertiga malam. Dimana ia akan dapat membedakan mana umatnya yang bersungguh – sungguh atau yang hanya berharap saja. Sebab, doa merupakan bentuk permintaan kita terhadap Allah SWT, dengan demikian maka Allah akan melihat bagaimana kesungguhan umatnya. Baca juga doa perjalanan

Petunjuk Dialam Kubur

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا مَاتَ عُرِضَ عَلَيْهِ مَقْعَدَهُ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ، إِنْ كَانَ

مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَمِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ، وَإِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ فَمِنْ أَهْلِ

النَّارِ فَيُقَالُ: هَذَا مَقْعَدُكَ حَتَّى يَبْعَثَكَ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Sesungguhnya apabila salah seorang dari kalian meninggal (ketika berada di alam kubur pent). Maka akan ditampakkan calon tempat tinggalnya nanti di akhirat, setiap pagi dan petang. Bila dia penghuni surga maka ditampakkan kepadanya surga. Bila dia termasuk penghuni neraka maka ditampakkan kepadanya neraka. Lalu dikatakan kepadanya,” Ini calon tempat tinggalmu nanti. Hingga Allah Subhanahu wa Ta’ala membangkitkanmu di hari kiamat” (HR. Bukhari & Muslim)

Motivasi Untuk Selalu Beribadah

Allah ‘azzawajalla berfirman,

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Surga yang telah disediakan untuk orang-orang yang bertakwa” (QS. Ali Imran : 133). Baca juga doa istri untuk suami