Doa Untuk Mengubah Takdir Rezeki Dan Takdir Jodoh

Sama halnya dengan kematian, jodoh adalah salah satu misteri ilahi, tidak ada yang tahu pasti dengan. Siapa kita di takdirkan untuk bersama hal ini yang kerap membuat seseorang dirundung oleh rasa penasaran. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam salah satu ayat di kitab suci Al – Quran. Yang menyatakan bahwa setiap mahluk yang ada di muka bumi ini diciptakan secara berpasang – pasangan. Dan hal ini cukup menjadi bukti kuat bahwa setiap insan pasti ditakdirkan untuk berjodoh atau berpasangan dengan insan yang lainnya. Hanya saja kita tidak tau siapa orangnya serta kapan waktunya tiba. Berbicara mengenai takdir yang telah di ketahui bahwa takdir itu terbagi atas dua hal. Mengubah Takdir yang dapat dirubah serta takdir yang tidak bisa dirubah.

takdir

Dan biaskan kita merubah takdir jodoh yang telah ditetapkan oleh Allah SWT?. Jodoh sebenarnya tidak bisa berubah karena sudah di catat, meskipun sebagaimana Allah memberikan sebab untuk rezeki. Demikian pula pada takdir jodoh Allah memerintahkan manusia untuk berusaha. Seorang yang tidak berusaha untuk takdirnya dianggap sebuah kekeliruan dan kelemahan. Jadi jodoh tidak berubah ketika seseorang tidak melakukan usaha apapun untuk merubahnya. Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya. “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka”. (QS 13:11). Lalu bagaimana solusinya? berikhtiarlah dan berusaha serta berdoa kepada Allah SWT. Agar anda mendapatkan jodoh yang baik dan sesuai dengan keinginan anda. Anda bisa merubah takdir jodoh dengan doa karena sesungguhnya tidak. Ada yang bisa merubah takdir kecuali doa yang disertai dengan usaha.

Mengubah Takdir Jodoh Dan Rezeki

Rasulullah bersabda, “…Kemudian diutuslah malaikat untuk meniupkan ruh ke dalamnya (rahim ibu) dan diperintahkan pula untuk mencatat empat kalimat. Maka, malaikat itu menulis tentang rezekinya, ajalnya, amal perbuatannya, dan celaka atau bahagianya…” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Pun sebelum penciptaan manusia, Allah telah menciptakan pena untuk menulis di dalam Lauhul Mahfuz. Pena diperintahkan untuk menulis segala sesuatu dari awal kehidupan hingga hari akhir. Dalam hadits disebutkan,

“Allah berfirman pada pena, “Tulislah!” Pena bertanya, “Wahai Rabb, apa yang harus aku tulis?” Allah Ta’ala berfirman, “Tulislah segala sesuatu yang akan terjadi”. Lalu berjalanlah pena menulis semua yang akan terjadi hingga Hari Kiamat.” (HR. At Tirmidzi).

Doa Jodoh Menurut Alqur’an

Do’a dalam Al-furqon ayat 74:
“Robbana hablanaa min azwazinaa, wadzuriyatinaa, qurata’ayyun, wajaalna lilmutaqqina immamaa”
Artinya: Ya Tuhan kami anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan yang menjadi penyejuk mata hati. Kami dan jadikanlah kami iman bagi orang2 yang bertaqwa. Baca juga doa

Jodoh Tidak Berubah Tapi

Sebagaimana rezeki jodoh juga tidak bisa berubah karena sudah tercatat. Meskipun bagaimana Allah memberikan sebab untuk rezeki demikian pula pada takdir jodoh. Allah memerintahkan manusia untuk berusaha, seorang yang tidak usaha takdirnya dianggap sebuah kekeliruan dan kelemahan. Allah memerintahkan manusia untuk berupaya mendapatkan jodohnya. Serta berikhtiar dan meluruskan niat untuk mendapatkannya, jodoh memang ditentukan Allah. Namun manusia di wajibkan melakukan usaha, dengan usaha yang dilakukan disertai niat ikhlas, Allah lah yang akan membalasnya.

Karena itulah Nabiyullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam berpesan pada umatnya, “Beramallah. (Karena) masing-masing kalian akan dimudahkan melakukan apa yang telah dituliskan baginya,” (HR. Muslim). Baca juga mengulang doa

Doa Jodoh Menurut Hadis

Rasulullah SAW pun telah mengajarkan doa istikharah (menurut hadits Bukhari, Ahmad, dll), yang isinya mengandung permohonan mengubah takdir-Nya:
“Ya Allah, sekiranya Engkau tahu bahwa urusan ini lebih baik untuk diriku, agamaku, dan kehidupanku, serta [lebih baik pula] akibatnya [di dunia dan akhirat], maka TAKDIRKANLAH dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini. Dan TAKDIRKANLAH kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.“

Berusaha mendapatkan jodoh tentunya harus sesuai dengan pokok ajaran islam dengan menerapkan cara memilih calon pendamping hidup sesuai syariat islam. Salah satu usaha yang bisa anda lakukan adalah dengan meningkatkan ketaatan serta ketakwaan anda kepada Allah swt. Karena orang yang baik-baik tentunya juga akan mendapatkan jodoh yang baik-baik pula. Oleh karena itu, perbaikilah diri anda mulai dari sekarang.

Mengubah Takdir Rezeki Tidak Berubah Tapi

Karena sudah di catat, rezeki seseorang tidak akan bertambah ataupun berkurang. Hanya saja Allah menjadikan adanya sebab – sebab yang dapat menambah rezeki. Karena hal ini ada dalam Al – Quran bahwasanya Allah Berfirman

“Dialah yang menjadikan bumi itu mudah untuk kalian, maka berjalanlah di muka bumi (untuk berusaha) dan makanlah dari rezeki. Yang Allah karuniakan dan hanya kepada-Nya (kalian) kembali setelah dibangkitkan”. (QS. Al-Mulk: 15).

Sebab kedua yang dapat menambah rezeki yaitu silatuhrrahim, termasuk di dalamnya yaitu berbakti kepada orang tua. Dan menyambung hubungan kerabat yang jauh, sebagaimana sisabdakan Rasulullah. “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambung rahimnya (silaturrahim).” (HR. Al Bukhari dan Muslim). Selain bekerja dan silaturrahim, ada pula sebab lain yaitu bermain dan bertakwa kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah menjanjikan rezeki bagi hamba-Nya yang mendekatkan diri kepada-Nya, menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. “Siapa yang bertakwa kepada Allah, Allah akan jadikan. Baginya jalan keluar dan Allah akan beri rezeki dari arah yang tidak dia sangka”. (QS. Ath-Thalaq: 2-3).