Ada Beberapa Keutamaan Dalam Menutup Aurat Untuk Wanita

Dalam islam seorang wanita adalah aurat maka dari itu ketika ia keluar rumah, sangat di wajibkan menutup auratnya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wanita itu aurat, jika ia keluar dari rumahnya maka setan mengikutinya. Dan tidaklah ia lebih dekat kepada Allâh (ketika shalat) melainkan di dalam rumahnya”. (Imam at-Tirmidzi rahimahullah berkata ”Hadits ini hasan shahîh gharib.” Dishahihkan oleh

menutup aurat

Imam al-Mundziri, beliau mengatakan, “Hadits ini diriwayatkan oleh at-Thabrani rahimahullah dalam al-Mu’jamul Ausâth dan rawi-rawinya yang shahih”. Lihat Shahîh at-Targhîb wat Tarhîb (I/260, no. 344). Dishahihkan juga oleh Syaikh al-Albani dalam Silsilah al-Ahâdîts ash-Shahîhah (no. 2688) dan Shahîh at-Targhîb wat Tarhîb (no. 344, 346).

Keutamaan Menutup Aurat Untuk Wanita

Bukan hanya karena perintah Allah maupun Rasul, menutup aurat bagi wanita memiliki banyak keutamaan diantaranya sebagai berikut.

Menjadi Lebih Terhormat

يَٰٓـأَيـُّهَا ٱلنَّبِيُّ قـُل لـِّأَزۡوَٰجِكَ وَبَyang tak تِكَ وَنِسَآءِ ٱلۡـمُؤۡمِنِينَ يُدْنِينَ

عَلـَيۡهـِنَّ مِن جَلَٰبـِيبـِهـِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنـَىٰٓ أَن يُعۡرَفۡنَ

فـَلـَا يُؤذيۡنَ ۗ وَكـَانَ اللهُ غـَفـُورًا رَّحِيمًا (الأحزاب : ٥٩

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga). Orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka.

Hal ini menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka). Sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. al-Ahzab : 59)

Jauh Dari Siksa Api Neraka

Rasulullah bersabda,

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَا أَرَاهُمَا بَعْدُ نِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ

مَائِلَاتٌ مُمِيلَاتٌ عَلَى رُءُوسِهِنَّ مِثْلُ أَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لَا يَرَيْنَ الْجَنَّةَ

وَلَا يَجِدْنَ رِيحَهَا وَرِجَالٌ مَعَهُمْ أَسْوَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ

“Ada dua golongan penghuni neraka, yang aku tidak pernah melihat keduanya sebelumnya. Wanita-wanita yang telanjang, berpakaian tipis, dan berlenggak-lenggok, dan kepalanya digelung seperti punuk onta.

Mereka tidak akan masuk, dan mencium baunya, dan laki-laki yang memiliki cambuk. Seperti ekor sapi yang digunakan untuk menyakiti umat manusia“ [HR. Imam Ahmad].

Beliau kembali bersabda, ” Wahai anakku Fatimah! Adapun perempuan-perempuan yang akan digantung rambutnya hingga mendidih otaknya dalam neraka adalah mereka itu. Di dunia tidak mau menutup rambutnya dari pada dilihat oleh lelaki yang bukan mahramnya.[Hadis riwayat Bukhari dan Muslim]

Perintah Allah

Dan katakan kepada perempuan – perempuan yang beriman, agar mereka menahan sebagian penglihatan. Memelihara kehormatannya dan tiada memperlihatkan perhiasannya (tubuhnya) selain daripada yang nyata (mesti terbuka. Dari pada bahagian badannya yang sangat perlu dalam pekerjaan sehari-hari, seperti mukanya dan tapak tangan).

Dan hendaklah mereka sampaikan kudungnya ke leher (tutup kepalanya sampai ke leher dan dadanya). Dan tiada memperlihatkan perhiasan (tubuhnya) kecuali kepada suaminya, bapanya, bapa suaminya, anak – anaknya. Anak – anak suaminya, saudara – saudaranya, anak – anak saudara lelakinya, anak saudara perempuannya. Sesama perempuan Islam, hamba sahaya kepunyaannya, lelaki yang menjalankan kewajibannya tetapi tidak mempunyai keinginan. (Terhadap perempuan – umpamanya pelayan-pelayan lelaki yang sudah tua dan tiada lagi mempunyai keinginan kepada perempuan). Dan kanak-kanak yang belum mempunyai pengertian kepada aurat perempuan.Dan janganlah mereka pukulkan kakinya, supaya diketahui orang perhiasannya yang tersembunyi (misalnya melangkah. Dengan cara yang menyebabkan betisnya terbuka atau perhiasan seperti gelang/rantai kakinya nampak).

Dan taubatlah kamu semuanya kepada Allah, hai orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” [Surah an-Nur: 31]

Mendapat Rahmat Allah

Rasulullah bersabda,

“Allah sentiasa merahmati para wanita yang memakai seluar panjang (di sebelah dalamnya).” [Riwayat Al-‘Uqayli, Dar Qutni dari Abu Hurairah, Musannaf Abd Razak, no 5043; Kanzul Ummal, no 41245]. Baca juga membahagiakan orang tua

Amal Ibadahnya Diterima

Rasulullah bersabda, “Tidak diterima shalat seorang perempuan yang sudah haid (maksudnya sudah balig). Kecuali dengan memakai khimar (kerudung yang menutup kepala)”. (HR. Hadits shahih, diriwayatkan oleh imam Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Menjadi Lebih Sehat

Dengan menutup aurat seorang wanita justru akan menjadi lebih sehat karena ia akan terhindar. Dari berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kanker kulit, Allah berfirman

“Dan (ingatlah), ketika mereka (orang-orang musyrik) berkata:”Ya Allah, jika betul (al-Qur’an) ini, dialah. Yang benar dari sisi Engkau, maka hujanilah kami batu dari langit, atau datangkanlah kepada kami azab yang pedih”.(QS. Al-Anfaal: 32)

Tanda Orang Beriman

Rasululloh bersabda :

Pandangan mata itu merupakan anak panah yang beracun yang terelpas dari busur iblis. Barang siapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allal. Maka Alloh akan memberikan ganti dengan manisnya iman didalam hati”. ( Lafad hadist tercantumdalam kitab Ad-Da’wa karya Ibnul Qayyim)

Terhindar Dari Zina Dalam Islam

Allah berfirman, “Dan, orang – orang yang memelihara kemaluannya. Kecuali terhadap istri – istri mereka atau budak – budak yang merka miliki.

Maka, sungguh mereka dalam hal ini tidak tercela. Barangsiapa mencari yang sebaliknya, mereka itulah orang – orang yang melampaui batas. ( Q.S Al Ma’arij ayat 29-30).

Dijauhi Setan

يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا

Wahai anak cucu Adam ! Janganlah kalian tertipu oleh setan ! sebagaimana dia telah mengeluarkan ibu bapak kalian dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya.” [al-A’râf/7:27]

Jauh Dari Berbagai Macam Gangguan

ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu.” [al-Ahzab/33:59]

Jauh Dari Kesesatan

Allah SWT “dan tidaklah patut bagi laki- laki yang mu’min dan tidak pula bagi perempuan yang mu’minah. Apabila Allah dan Rasul-nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka.

Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya dia telah sesat, dengan kesesatan yang nyata.” (Q.S. Al-Ahzab: 36). Baca juga akhir ramadhan

Mendapatkan Perlindungan Dari Allah

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda : “Sesungguhnya Allah itu Malu dan Melindungi serta Menyukai rasa malu dan perlindungan”

Beliau kembali bersabda: “Siapa saja di antara wanita yang melepaskan pakaiannya di selain rumahnya. Maka Allah Azza wa Jalla telah mengoyak perlindungan rumah itu dari padanya.”

Bagian Dari Rasa Malu

Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya setiap agama itu memiliki akhlak dan akhlak Islam itu adalah rasa malu.”

Beliau kembali bersabda: “Malu itu adalah bagian dari iman dan iman itu di surga.”