Tata Cara Dalam Mengerjakan Sholat Istikharah Terlengkap

Manusia di ciptakan Allah sebagai makhluk yang tidak sempurna dan memiliki kemampuan pikiran yang terbatas. Dan terlebih kemampuan mengenai sesuatu yang bersifat ghaib misalnya. Seperti tidak mengetahui sesuatu yang baik atau buruk akan suatu pilihan untuk hidupnya. Karena itulah memohon bantuan serta pertolongan kepada Allah SWT dengan cara yang telah disyari’atkan oleh Syariat islam. Seperti melakukan Sholat Istikharah dengan tata cara dan niat sholat istikharah yang benar. Tentu akan sangat membantu memecahkan masalah dan juga menemukan solusi yang baik bagi anda. Karena hal ini tidak terlepas dari Keutamaan Sholat Sunnah Istikharah yang dikerjakan. Untuk memohon diberikan petunjuk oleh Allah SWT dari kesusahan dan keresahan hidup.

sholat istikharah

Dan selain itu sholat istikharah senidri ini merupakan sholat sunnah yang telah dianjurkan bagi umat muslim untuk di kerjakan. Karena hal ini bisa anda lihat dari beberapa hadist seperti yang di riwayatkan oelh Imam Bukhari. Dan juga Imam Jabir Bin Abdillah yang telah membahas mengenai cara mengerjakan sholat sunnah istikharah. Untuk menyelesaikan suatu masalah dan meminta petunjuk kepada Allah SWT, sehingga mengerjakan Sholat Sunnah Istikharah ini bukan suatu Ibadah Bid’ah. Untuk itu mengetahui Tata Cara dan Niat Mengerjakan Sholat Istikharah tentu akan menjadi. Hal terpenting yang mesti anda ketahui sebelum melakukan sholat istikharah ini, karena niat merupakan. Salah satu Syarat Sah Sholat yang tidak boleh anda tinggalkan, baik didalam Sholat Wajib maupun Sholat Sunnah.

Niat Sholat Istiharah

Dan seluluh ulama sepakat bahawa niat tempatnya dihati “Untuk keabsahan Sholat, niat harus diiringi dengan takbiratul ihram”. Terang Syaikh Mushtafa Al Bugha dalam Fiqih Manhajimazhab Syafi’i, “Caranya, hati harus awas bahwa. Akan mengerjakan shalat ketika melafalkan takbir, sembari mengingat shalat apa dan fardlu atau sunnah. Dalam hal ini tidak disyaratkan melafalkan niat secara lisan.”

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala

Doa Shalat Istikharah

Berikut ini doa shalat istikharah sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dari Jabir bin Abdullah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ

، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى

وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ

وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى

وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim. Fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub. Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii. Wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih. Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii. Wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Artinya. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu. Dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa sedangkan aku tidak berkuasa. Engkau Mahatahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku. Maka takdirkanlah dan mudahkanlah urusan ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam urusan ini. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku maka jauhkanlah urusan ini. Dariku, dan jauhkanlah aku dari urusan ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Tata Cara Sholat Istiharah

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menjelaskan, sholat istikharah boleh berupa shalat sunnah apa saja. Baik shalat sunnah rawatib, shalat sunnah tahiyatul masjid, maupun shalat sunnah lainnya. Yang paling penting setelah sholat sunnah dua rakaat, ia berdoa kepada Allah meminta dipilihkan. Yang terbaik sebagai doa yang di kerjakan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam. Hal ini sebagaimana hadits dalam Shahih Bukhari:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رضى الله عنهما قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم

يُعَلِّمُنَا الاِسْتِخَارَةَ فِى الأُمُورِ كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ

بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kami. Cara mengerjakan shalat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Al Qur’an. Beliau bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan shalat dua rakaat. Selain shalat fardlu, lalu berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu (dan seterusnya)”

Namun menurut Syaikh Wahbah az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, disunnahkan membaca surat Al Kafirun setelah membaca. Surat Al Fatihah pada rakaat pertama dan disunnahkan membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua.

Tata Cara Solat Istikharah

  •  Cara Sholat Istikharah di Rakaat Pertama
  • Membaca Niat Sholat Istikharah
  • Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram dibarengi Takbir
  • Membaca Bacaan Doa Iftitah
  • Membaca Bacaan Surat Al Fatihah
  • Membaca Bacaan Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
  • Gerakan Sholat Ruku dan membaca doa ruku
  • Gerakan Sholat Itidal dan membaca doa itidal
  • Gerakan Sholat Sujud Pertama dan membaca doanya
  • Gerakan Sholat Duduk diantara 2 sujud dan doanya
  • Gerakan Sholat Sujud Kedua dan membaca doanya
  • Kembali berdiri untuk Rakaat Kedua Sholat Istikharah
  • Cara Sholat Istikharah di Rakaat Kedua
  • Membaca Bacaan Surat Al Fatihah
  • Membaca Bacaan Surat Pendek atau Panjang Al Qur’an
  • Gerakan Sholat Ruku dan membaca doa ruku
  • Gerakan Sholat Itidal dan membaca doa itidal
  • Gerakan Sholat Sujud Pertama dan membaca doanya
  • Gerakan Sholat Duduk diantara 2 sujud dan doanya
  • Gerakan Sholat Sujud Kedua dan membaca doanya
  • Gerakan Sholat Tahiyat Akhir dan membaca doa tahiyat akhir
  • Gerakan Sholat Salam 2 kali, ke Kanan dan Kiri

Sholat Istikharah Jodoh

Caranya, lakukan shalat istikharah dua rakaat kemudian membaca doa di atas sembari memohon dipilihkan jodoh terbaik. Imam An Nawawi menjelaskan, “Setelah istikharah, seseorang harus mengerjakan apa yang dirasa baik untuknya. Di samping itu, hendaknya ia benar-benar bebas dari kehendak pribadi. Jadi jangan sampai ada perasaan ini pilihan terbaik, sebelum mengerjakan shalat istikharah. Karena jika demikian, sama halnya tidak istikharah atau kurang tawakkal pada pengetahuan dan kekuasaan Allah.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili menasehatkan, jika pada shalat istikharah pertama belum mendapat petunjuk, maka ulangilah shalat itu hinga tujuh kali. Karena Ibnu Sunni meriwayatkan, “Hai Anas, jika engkau menginginkan sesuatu, maka mintalah petunjuk kepada Allah sebanyak tujuh kali. Setelah itu, lihatlah urusanmu mana yang masuk dalam hatimu pertama kali karena di situlah tempat kebaikan. Dan jika ada udzur hingga tidak sempat shalat istikharah, maka mintalah petunjuk dengan berdoa.”

Hukum Sholat Istiharah

Dan para ulama berpendapat bahwa Sholat istikharah hukumnya adalah sunnah pada saat seorang muslim atau muslimah. Yang di hadapkan pada dilema atau kesulitan yang memerlukan keputusan untuk memilih. Baik itu kesulitan dalam memilih jodoh, tempat tinggal, teman, pekerjaan dan sebagainya.

Karena hukumnya sunnah maka jika seorang hamba mengerjakannya akan mendapat pahala tetapi jika tidak mengerjakannya juga tidak mendapatkan dosa. Akan tetapi alangkah baiknya jika sedang dalam pilihan yang sulit dapat mengerjakan sholat yang mempunyai tujuan mendapat petunjuk. Dari Allah atas segala kesulitan dan kebimbangan yang mengganjal hati dan pikiran seingga dapat memperoleh titik temu.

Waktu Terbaik Sholat Istiharah

Sholat istikharah adalah sholat memohon petunjuk agar dimudahkan dalam suatu pilihan yang sulit. Sholat istikharah dikerjakan 2 rakaat seperti sholat sunnah pada umumnya yang di kerjakan 2 rakaat. Waktu terbaik dalam melaksanakan sholat istikharah adalah ketika malam hari sesudah sholat isya. Sholat sunnah ini dapat langsung dikerjakan tanpa harus tidur terlebih dahulu.

Seperti sholat sunnah pada umumnya lebih baik dikerjakan pada malam hari dimana seorang hamba dapat merasa lebih khusyu dalam berkomunikasi. Atau berdoa kepada Allah dalam kesunyian malam kita dapat beribadah dengan lebih tenang dan fokus. Walaupun begitu sholat istikharah juga dapat dikerjakan pada pagi dan siang hari.

Mengerjakan Sholat Sunnah

Nabi muhammad SAW telah menganjurkan mengerjakan sholat sunnah ini jika seorang hamba sedang dalam kebimbangan. Atau kesulitan dalam menentukan pilihan hidup dengan sholat mendekatkan diri kepada Allah segala beban akan lebih ringan. Pikiran lebih tenang dan hati juga lebih mantap dalam menentukan pilihan yang benar dan tepat.

Seperti yang kita ketahui pada saat malam hari Allah turun dari langit dan berjanji kepada siapa saja yang berdoa kepadanya. Akan dikabulkan doannya, kepada siapa yang memohon ampun kepadanya maka akan diampuni dosannya. Dan kepada siapa yang meminta sesuatu kepadanya maka akan dikabulkan permintaanya tersebut. Doa sholat istikharah bahasa arab, doa sholat istikharah latin, niat sholat istikharah, tata cara sholat istikharah. Doa sholat istikharah jodoh, waktu sholat istikharah, doa setelah sholat istikharah, tata cara sholat istikharah sesuai sunnah, dll.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Istikharah

Dan setiap orang pasti pernah mengalmai masalah yang berupa kebingungan dan dilema dalam memilih pilihan yang sulit. Akan tetapi bukan berarti hal tersebut tidak dapat di selesaikan dengan kepada yang dingin. Allah menganjurkan kita untuk memohon dan berdoa meminta petunjuk agar diberi kemudahan. Dalam mengambil keputusan yang sulit sekali pun. Masalah yang sulit pun mudah di atasi dengan sholat istikharah dan memohon bantuan dan kemudahan kepada Allah.

Dengan beserah diri kepada Allah dan niat yang benar diharapkan segala kebimbangan kita dapat ditangani. Dengan bantuan Allah kita berkewajiban berusaha dan berdoa dalam setiap pilihan yang kita ambil. Dan ada beberapa keutamaan sholat istikharah yang bisa anda dapatkan jika anda laksanakan dengan baik dan kelurusan niat. Berikut adalah 6 keutamaan dari melaksanakan sholat istikharah saat terjadi dilema dalam memilih.

Menyerahkan Hasil Pada Allah

“Selain kali tidak menimpa kami melainkan apa yang telah di terapkan oleh Allah bagi kamu. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah-lah orang-orang yg beriman harus bertawakal” (QS At Taubah: 51). Dengan sholat istikharah memohon petunjuk kepada Allah terhadap kesulitan yang kita alami. Serta dapat membuat jiwa kita berserah diri pada setiap keputusan yang diberikan Allah. Karena pada dasarnya sholat istikharah adalah permohonan petunjuk dari hamba kepada tuhannya. Agar diberikan jalan terhadap segala ikhtiar atau usahannya selama ini dan selain itu.

Sebagai manusia yang meminta kemantapan hati dalam segala pilihan sulit, kita harus menyerahkan segala hasil yang kita pilih kepada Allah. Agar jalan kita selalu tepat dan diiringi segla keridhoan Allah dengan sholat istikhoroh segala ganjalan. Dan rintangan apabila kita serahkan kepada Allah pasti akan memberikan pilihan yang sesuai dengan Agama dan akan baik pada hasilnya. Dengan sholat istikhoroh akan membentengi diri kita dari segala pilihan yang salah dan tidak sesuai agama yang dibenarkan Allah.

Menenangkan Diri

Sholat istikharah juga dapat membuat pikiran yang di selimuti dengan kebimbangan menjadi lebih tenang dan pasrah. Selain itu istikhoroh juga dapat menghindarkan diri dari sifat tergesa-gesa dalam mengambil keputusan yang berujung pada keputusan yang salah. Dengan meminta petunjuk dan bimbingan dari Allah akan lebih memudahkan segala urusan dan kesulitan kita dalam memilih.

Dengan pikiran yang tenang akan membuat kita lebih jernih dalam mengambil keputusan. Karena keputusan yang kita ambil hanya berdasarkan emosi yang tidak stabil akan berpengaruh pada hasil keputusan yang dibuat. Karena keputusan yang salah akan berefek pada lingkungan sekitar dan orang-orang sekitar pula.

Membeikan Kemantapan Hati

Salah satu cara kita memperoleh kemantapan hati dari segala pilihan sulit adalah dengan sholat istikhoroh meminta petunjuk kepada Allah. Dengan rutinnya kita menjalankan sholat ini kita akan memperoleh kemudahan dalam mengambil keputusan yang tepat sesuai ajaran agama. Dengan hati yang mantap maka keputusan yang diambil juga tepat.

Menjauhi Bisikan Syetan

Kapanpun dan dimana pun setan selalu membisikan hal yang tidak benar dan bertentangan dengan agama. Apalagi ketika anda sedang berada dalam kesulitan dan permasalahan yang sulit seperti dilema dalam mengambil keputusan. Dengan kesempatan ini setan akan membisikkan sesuatu yang mengarah pada keputusan yang salah dan tidak sesuai dengan ajaran agama.

Dengan sholat istikharah dapat menghindarkan kita dari bisikan setan yang menyesatkan kita dapat perlindungan. Dan benteng dari Tuhan agar tidak salah dalam setiap tindakan yang berefek pada banyak orang agar kita selalu terhindar. Dari bujuk rayu setan yang mengarah pada kemaksiatan, kita harus mendekatkan diri kepada Allah dengan banyak berdoa.

Memilih Dengan Pertimbangan Agama

“Sesungguhnya urusan itu seluruhnya ditangani Allah SWT”, (QS Ali Imran:154). Hal dasar yang harus selalu kita ingat dalam setiap menjalankan apapun adalah sesuai dengan perintah agama. Termasuk salah satunya sholat istikharah dalam meminta petunjuk dari kebimbangan atau pilihan sulit. Bukan berarti jika pilihan sulit kita tidak dapat diatasi, kita dapat kembali ke jalanNya dengan memohon diberi petunjuk yang benar.

Agama islam selalu mengajarkan segala sesuatu entah itu kesulitan atau masalah lainnya dapat diselesaikan sesuai aturan agama. Seperti ketika kita kesulitan dalam memilih baik itu jodoh, pekerjaan , tempat tinggal atau lainnya sebaiknya. Dipertimbangkan matang-matang dengan sholat istikharah meminta petunjuk darinya.

Ikhlas Dan Lurus Hanya Kepada Allah

Dan bertakwalah kepada (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyanyang, Yg melihat kamu ketika kami berdiri (untuk sembahyang). Dan (melihat pula) perubahan gerakan badanmu diantara orang-orang yg sujud”. (QS Asy Syuara: 217-219)

Dengan mendekatkan diri melakukan sholat istikharah, Allah akan lebih memudahkan setiap jalan kita, kesulitan. Dan kebimbangan kita, hati akan lebih tenang dan dapat berfikir jernih ketika dihadapkan pada pilihan atau keputusan yang sulit. Dengan sholat istikharah segala keputusan yang diambil akan lebih tepat dan benar sesuai agama islam.